ASSALAMUALAIKUM AKHI DAN UKHTI...SELAMAT DATANG DI BLOG DUNIA AKADEMISI

Rabu, 02 April 2014

5 Fakta unik terbaru

Luka yang diisikan belatung dapat sembuh lebih cepat
Pada luka dan borok yang dalam, jaringan mati perlu dipotong dan dibersihkan secara regular untuk mencegah infeksi. Proses pembersihan ini disebut juga dengan debridement. Dengan cara ini, belatung ditaruh di luka tersebut dan memakan jaringan mati dan membiarkan jaringan yang sehat. Hasilnya ternyata lebih baik daripada pisau bedah dokter, waktu penyembuhan luka pun menjadi lebih cepat. Selain itu juga sekresi belatung memiliki beberapa keuntungan seperti meningkatkan aliran nutrisi untuk memperbaiki jaringan dan meningkatkan tingkat pH untuk membatasi pertumbuhan bakteri patogen.
madu 
Madu tidak memiliki waktu kadaluarsa
Karena kelembaban yang sangat rendah dan kondisi asam yang tinggi membuat madu menjadi tidak ideal untuk pertumbuhan bakteri dan mikroba lainnya yang menyebabkan makanan membusuk. Madu juga mengandung hidrogen peroksida dalam jumlah sedikit yang berfungsi sebagai antibakteri yang efektif. Walaupun begitu jika terekspos oleh udara, madu juga dapat menyerap kelembaban. Jadi penyimpanan yang baik juga membantu madu untuk tetap abadi.
tubuh-manusia-mengandung-emas 
Tubuh manusia mengandung 0.2 mg emas
Kita ternyata menyerap sedikit emas dari lingkungan kita, tapi belum diketahui kegunaannya. Karena bersifat inert, emas tidak bersifat racun dalam dosis yang kecil. Dan ternyata senyawa sodium aurothiomalate dapat mengurangi peradangan pada pasien arthritis walaupun mekanisme dari pengobatannya belum sepenuhnya dimengerti.

api-lilin-mengandung-berlian 
Api lilin mengandung banyak berlian
Ternyata di dalam api lilin molekul hidrokarbon diubah menjadi karbon dioksida. Selama proses ini berlangsung, karbon dalam waktu singkat mengambil bentuk berlian nanopartikel. Setiap detiknya 1.5 juta berlian nano ini tercipta tetapi langsung terbakar habis dalam sekejap karena proses pembakaran. walaupun mengambil berlian nano ini terbilang mustahil, penemuan akhir-akhir ini dapat menjadi metode baru untuk menciptakan perhiasan murah.

misi-apollo-ke-bulan 
Smartphone saat ini memiliki kemampuan komputasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan peralatan pada misi Apollo
Pengendali roket Apollo yang berhasil mendaratkan manusia di bulan ternyata hanya memiliki memory sebesar 64 kilobytes dan beroperasi pada 0.043 megahertz. Smartphone saat ini memiliki kemampuan komputasi sekitar 1-2Ghz atau sekitar 40.000 kali lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar