ASSALAMUALAIKUM AKHI DAN UKHTI...SELAMAT DATANG DI BLOG DUNIA AKADEMISI

Senin, 31 Maret 2014

Uji Reliabilitas Data Dengan SPSS

Reliabilitas merupakan penerjemahan dari kata reliability yang mempunyai asal kata rely dan ability. Pengukuran yang memiliki reliabilitas tinggi disebut sebagai pengukuran yang reliabel. Reliabilitas mempunyai berbagai makna lain seperti kepercayaan, keteladanan, keajegan, kestabilan, konsistensi dan sebagainya, namun ide pokok yang terkandung dalam konsep reliabilitas adalah sejauhmana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya. Sedangkan angket dikatakan reliabel jika jawaban seseorang terhadap pertanyaan adalah konsisten atau stabil dari waktu ke waktu.
Uji reliabilitas digunakan untuk mengetahui konsistensi alat ukur, apakah alat pengukur yang digunakan dapat diandalkan dan tetap konsisten jika pengukuran tersebut diulang. Dalam program SPSS metode yang sering digunakan adalah dengan menggunakan motode Alpha Cronbach’s. Dengan rumus sebagai berikut:

Uji Reliabilitas Data Dengan SPSS

Uji signifikasi dilakukan pada taraf a = 0,05. Instrumen dapat dikatakan reliabel bila nilai Alpha lebih besar dari r tabel. Pada contoh kasus sebelumnya setelah uji validitas, maka item-item yang valid dimasukkan dalam uji reliabilitas dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Data konsentrasi belajar sebagai berikut:

Uji Reliabilitas Data Dengan SPSS

1. Buka lembar kerja baru dalam program SPSS anda.
2. Klik Variable View pada SPSS Data Editor
3. Pada bagian nama tulis dengan item_1 sampai dengan item_9, selanjutnya pada bagian Decimals ganti dengan 0. Lihat gambar:

Uji Reliabilitas Data Dengan SPSS 

4. Dari menu utama SPSS, pilih menu Analyze, kemudian pilih sub menu Scale - Reliability Analysis
5. Klik masukkan semua variabel yang valid, tetapi jangan masukkan skor totalnya.

Uji Reliabilitas Data Dengan SPSS 

6. Klik Statistics, pada Descriptives For klik Scale if item deleted
7. Klik Continue, kemudian klik OK untuk mengakhiri perintah.
8. Tampilan outputnya sebagai berikut:

Uji Reliabilitas Data Dengan SPSS

9. Dari hasil output di atas di dapat nilai Alpha sebesar 0,808, nilai ini kemudian kita bandingkan dengan nilai r tabel, r tabel di cari pada signifikasi 0,05 dengan uji 2 sisi dan jumlah data (n) = 20, maka di dapat r tabel sebesar 0,444. Oleh karena nilai r = 0,808 > r tabel = 0,444 maka dapat disimpulkan bahwa item-item tersebut reliabel.

Sekian artikel dengan judul Uji Reliabilitas Data dengan SPSS, Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar